Rabu, 28 Desember 2016

RPP siklus akuntansi perusahaan dagang kelas xii

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Satuan Pendidikan              : SMA Batik 2 Surakarta
Mata Pelajaran                              : Ekonomi
Kelas/Semester                             : XII/2
Materi                                          : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Jumlah Pertemuan                        : 8 x 90 menit  

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerdagangma, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.  Mensyukuri hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan
2.1.  Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
3.4. Menganalisis siklus akuntansi perusahaan dagang
4.4. Mempraktikkan tahapan siklus akuntansi perusahaan dagang

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.  Mensyukuri manfaat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan
2.1.1.  Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan dagang
3.4.1. Menjelaskan siklus akuntansi perusahaan dagang
4.4.1. Menyajikan tahapan siklus akuntansi perusahaan dagang

D.    Materi Pembelajaran
Materi berdasarkan fakta
-        Selain perusahaan jasa terdapat beberapa jenis perusahaan lain pada perekonomian seperti perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur
-        Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagangan tanpa melakukan perubahan bentuk.
Materi berdasarkan konsep
-        Karakteristik perusahaan dagang
-        Transaksi perusahaan dagang
-        Akun-akun pada perusahaan dagang
Materi berdasarkan prinsip
-        Karakteristik perusahaan  dagang berbeda dengan perusahaan jasa
-        Ada beberapa perbedaan jenis transaksi perusahaan pada perusahaan dagang dengan perusahaan jasa

E.     Metode
-        Pendekatan: Saintifik
Metode: Diskusi, observasi literature

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
-        Media
Handout dan Power Point
-        Alat
Papan tulis, spidol, LCD


-        Sumber Pembelajaran
Nuraini, Efi dan Dwina Merdekawati. 2015. Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas XII. Sidoarjo: PT Masmedia Buana Pustaka

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/kegiatan awal
·    Memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan siswa  untuk mengikuti pembelajaran.
Apersepsi:
·    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas
·    Guru mengkaitkan materi perusahaan dagang dengan kehidupan sehari-hari dengan bertanya jenis perusahaan dagang apa yang ada disekitar lingkungan siswa.
·    Guru menanyakan adakah siswa yang mempunyai usaha dan mencatat setiap transaksi yang ada.

15 menit
Kegiatan Inti
Memberi Stimulus (Stimulation)
·   Siswa memperhatikan materi guru berupa file Ms. Power Point yang ditampilkan di layar
Mengidentifikasi Masalah (Problem Statement)
·   Siswa bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang materi: (a) Karakteristik perusahaan dagang; (b)Transaksi perusahaan dagang; (c) Akun-akun pada perusahaan dagang
Mengumpulkan Data (Data Collecting)
·   Siswa mengumpulkan data dan informasi melalui berbagai referensi/media terkait dengan bagaimana kinerja perusahaan dagang jika dibandingkan dengan perusahaan dagang
Mengolah Data (Data Processing)
·   Siswa menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait tentang perusahaan dagang
Menverifikasi (Verification)
·   Melaporkan hasil pengumpulan data tentang karakteristik perusahaan dagang dan bukti transaksi di depan teman-temannya

50 menit
Penutup
Menyimpulkan (Generalization)
·   Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
·   Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran
Refleksi:
·     Guru menanyakan kepada siswa tentang kesan mereka selama proses pembelajaran.
·     Siswa diminta memberikan kritik atau saran tentang proses pembelajaran
Tindak Lanjut:
·     Siswa diminta untuk mempelajari materi secara lebih dalam
·     Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Guru mengucapkan salam penutup

20 menit







H.    Penilaian
1.   Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·   Pengamatan Sikap
·   Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·   Tes Tertulis
·   Pilihan ganda
·   Tes Praktik-Produk
·   Lembar kerja berupa CD Ms. Excel berisi salah satu kasus rangkaian siklus akuntansi perusahaan dagang
2.    Contoh Instrumen
OBSERVASI/ PENGAMATAN OLEH GURU MATA PELAJARAN
NO
PERNYATAAN
ALTERNATIF
Ya
Tidak
1
Keterbukaan


2
Ketekunan belajar


3
Kerajinan


4
Tenggang rasa


5
Kedisiplinan


6
Kerja sama


7
Ramah tamah dengan teman


8
Hormat pada orang tua


9
Kejujuran


10
Menepati janji


11
Kepedulian


12
Tanggung jawab


JUMLAH JAWABAN "Ya"

PEROLEHAN NILAI (Jumlah "Ya" dibagi 3)

Guru
...........................................
a.    Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dimiliki
Ya
Tidak
Ket
1
Ketelitian mengamati objek yang diobservasi



2
Pemahaman akan konsep dalam materi dalam makalah maupun presentasi



3
Kecermatan dalam memahami konsep materi dalam makalah maupun presentasi



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                 : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang                : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA




b.    Lembar Tes Tertulis
1)     Soal:
1.   Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya
A.   Menghasilkan barang dagang
B.   Memproduksi jasa
C.   Memproduksi barang
D.   Membeli dan menjual barang
E.   Membeli secara kredit
2.   Di bawah ini merupakan ciri dari perusahaan dagang yang tidak terdapat di perusahaan jasa dan peusahaan produksi
A.   Memiliki persediaan bahan baku
B.   Menyusun laporan laba rugi berbentuk multiple step
C.   Menyusun neraca
D.   Adanya perhitungan HPP
E.   Adanya akun beban gaji
3.   Potongan harga karena membeli dalam jumlah besar disebut dengan
A.   Rafaksi                
B.   Diskon
C.   Rabat
D.   Tara                                 
E.   Harga netto
4.   Dalam pembelian dan penjualan secara kredit ada syarat pembayaran 2/10 n/30 yang artinya ….
A.   Pembayaran yang dilakukan sebelum 2 hari memperoleh potongan 10%
B.   Pembayaran sebelum 10 hari memperoleh potongan 30%
C.   Pembayaran sebelum 10 hari memperoleh potongan 2%
D.   Periode jatuh tempo pelunasan paling akhir 60 hari
E.   Memperoleh potongan n% jika dibayar sebelum 30 hari
5.   Ketika suatu toko membeli barang secara kredit atau utang pada tanggal 27 bulan Mei, maka syarat pembayaran yang paling tidak menguntungkan adalah…
A.   EOM                                            
B.   2/10 n 10
C.   2/10 n 30                        
D.   n 60
E.   n 30

Kunci Jawaban :
1. D                 
2. D                 
3. C                 
4. C                 
5. A     


Mengetahui,
Kepala Sekolah





Drs. Soewarto, M.M.

Surakarta, 4 Desember 2015

Guru Mata Pelajaran





Sri Astuti, S.Pd
NIP. 19740816 200801 2 009






Tidak ada komentar:

Posting Komentar